Penyedap Makanan Lezat dan Aman

Ketika mendengar penyedap makanan, yang terbayang dalam pikiran kita pasti MSG. Tapi, sebenarnya ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat makanan lebih sedap. Bumbu-bumbu instan ini bisa didapatkan di supermarket …

6 Manfaat Susu Milo Sachet untuk Anak

Selain memiliki rasa yang lezat, Milo juga mempunyai kandungan gizi yang sangat baik untuk anak. Ada berbagai macam kemasan yang bisa dipilih seperti kemasan 1 kg, 800 gram, 300 gram, polybag …

Membangun Bisnis Masa Depan Bersama Nestle Needs Youth

Di zaman sekarang ini, kaum muda dihadapkan pada teknologi yang semakin maju dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan potensi diri dengan berbisnis. sebagai pelopor bisnis dengan berbagai gerakan yang di buat seperti …

5 Akibat Kolesterol Tinggi yang Dapat Mengancam Kesehatan Tubuh
0 Comments

Pada masyarakat perkotaan, kolesterol tinggi merupakan momok terbesar yang ditakuti. Bagaimana tidak, zaman modern ini asupan makanan cepat saji dapat dengan mudah dinikmati dimana saja dan kapanpun.  Lebih dari itu akibat kolesterol tinggi memang tidak bisa dianggap sepele.

Apa itu kolesterol tinggi?

Pada dasarnya, kolesterol tinggi merupakan lemak jahat yang ternetralisir dalam darah. Sumber kolesterol diperoleh dari makanan, namun ada juga yang diproduksi sendiri dalam jumlah tertentu di dalam tubuh.

Jika kolesterol tinggi

Lalu, apa saja penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh jika kandungan kolesterol tinggi? Berikut ulasan lengkapnya;

1.     Penyakit Stroke

Gejala stroke seringkali kita temukan pada orang dewasa hingga lanjut usia. Secara umum, stroke dapat terjadi ketika pembuluh darah seluruh tubuh mengalami sumbatan oleh kolesterol, termasuk pada otak. Ketika kondisi otak tidak mendapatkan asupan suplai oksigen secara optimal dan nutrisi yang dibutuhkan, maka gejala stroke dapat berakibat fatal pada tubuh.

2.     Penyakit Darah Tinggi

Akibat kolesterol tinggi lainnya adalah hipertensi atau darah tinggi. Penyakit ini dapat terjadi jika pembuluh darah mengalami pengerasan dan menyempit sebab adanya plak kolesterol yang mengganggu. Namun, jantung tetap bekerja memompa darah keseluruh tubuh. Imbasnya, tekanan darah tinggi tidak dapat dihindarkan.

3.     Penyakit Arteri Perifer

Kolesterol tinggi dapat berimbas pada penyakit arteri perifer. Peripheral arterial disease merupakan salah satu kondisi atau gejala ketika aliran darah yang berasal dari jantung mengalami penyumbatan di area tungkai. Imbasnya, area tungkai menjadi kekurangan darah. Maka tidak heran area tungkai mendadak nyeri hingga lemas.

4.     Penyakit Aterosklerosis

Aterosklerosis atau plak lemak yang terbentuk karena kadar LDL dalam darah cukup tinggi. Secara umum, gejala aterosklerosis merupakan kondisi dimana pembuluh darah arteri mengalami pengerasan dan penyempitan sebab penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.

5.     Penyakit Jantung Koroner

Gejala ini dapat muncul ketika kondisi pembuluh darah mengalami penyempitan diameter akibat sumbatan pada plak lemak. Imbasnya, kadar oksigen dan makanan yang disuplai melalui pembuluh darah hingga sampai ke otot mengalami penipisan.

Imbas yang sering terjadi pada tubuh yakni dada timbul nyeri mendadak sebab oksigen dan makanan tidak sepenuhnya tersuplai pada area otot jantung. Serangan jantung menjadi tidak terhindarkan. Jika tidak mendapatkan pertolongan medis dengan segera, maka dapat berpicu pada kematian sebab jantung yang bermasalah.

Jangan biarkan lemak jahat terus mengintai tubuh Anda. Mulai saat ini, mari terapkan gaya hidup sehat dengan menghindari makanan cepat saji atau berlemak tinggi. Pastikan makanan Anda memenuhi kriteria empat sehat lima sempurna. Tidak hanya itu saja, rutin berolahraga dapat membuat tubuh semakin sehat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Demikian ulasan seputar akibat kolesterol tinggi yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Tetap jaga kesehatan, ya.

shares